Monday, May 14, 2012

Transformasi Brompton menjadi eBrompton (D.I.Y.)

For English Version : Click Here

Perlu waktu lumayan lama untuk transformasi dari Brompton menjadi eBrompton. Mulai dari mahalnya harga electric kit yang kompatibel dengan brompton yang rata2 diatas 8jt an,  mencari produk2 china yag harganya lebih kompetitif di alibaba, sampai dengan search di forum bromton untuk mencari cara modif produk yang tidak kompatibel dengan Brompton.

Sebelum
Sesudah

Akhirnya pilihan jatuh pada produk CleanRepublic , walaupun produk ini tidak sepenuhnya kompatibel dengan brompton tapi saya menemukan di youtube ada yang berhasil memodif untuk brompton, walaupun di forum resmi CleanRepublic ada yang akhirnya menyerah karena permasalahan di fork depan yang memang harus memerlukan sedikit modifikasi. Saya tetap optimis.. karena di Indonesia, apapun bisa di modif.
Gambar di ambil dri web : CleanRepublic 

 Setelah menunggu lebih dari 3 minggu, akhirnya Paket Pos  ebike kit bisa saya terima, tentunya harus membayar juga biaya masuk bea cukai.
Tapi ada sedikit permaslahan pada paket yang saya terima, Saklar batrey rusak  / pecah, mungkin ini karena proses handling yang kurang bagus. Tapi walaupun begitu, part yang rusak langsung di ganti setelah saya kirim email komplin ke pihak CleanRepublic . Sambil menunggu datangnya part pengganti, untuk sementara Part yang pecah saya lem dengan lem "G" , syukurlah semua bisa jalan normal.

Selanjutnya proses di mulai. Karena saya tidak bisa pasang ruji/jari2 sendiri, terpaksa roda depan saya bongkar dan di bawa ke tukang sepeda untuk mengganti hub dengan dynamo. perlu waktu 1 hari dan tambahan biaya Rp 25rb untuk mengganti/memasang ruji/jari2.


Permasalahan lain  ternyata lebar standar fork brompton cuman 7cm, sementara fork sepeda standar adalah 10cm.  Pusing gimana cara ngakalin, akhirnya saya pakai baut panjang dan mur 4 biji untuk ngelebarin fork sedikit demi sedikit. sys gak berani langsung ngelebarin jadi 10cm karena ada takut kemungkinan fork akan patah. Fork dengan posisi lebar 10cm dengan baut masih terpasang saya biarkan semalaman. Esok paginya ketika baut dilepas, ternyata posisi balik lagi , dan setelah di ukur hanya berubah manjadi 8cm, terpaksa proses di ulang beberapa kali  sampai lebar permanen 10cm.


Langkah selanjutnya,  pemasangan roda , ternyata tidak cukup masuk ke fork karena ukuran baut dynamo lebih besar, jadi harus diperlebar sedikit menggunakan kikir, begitu pula ring pengunci dan ring pengunci roda ke body harus ikut di perlebar dengan kikir.

Hmm fork sudah lebar 10cm, ring2 dah masuk ke dynamo, ketika roda pasang ke garpu, ternyata ada masalah lagi, hub dynamo menyentuh fork karena betuk fork masih menyerupai huruf "V", akhirnya fork di bawa ke bengkel las untuk membetuk fork agar kaki2 fork lebih sejajar dan agak menyerupai huruf "U" , untungnya proses ini tidak memerlukan pemanasan, jadi tidak merusak cat.
akhirnya semua kendala teratasi dan dynamo hub terpasang dan siap dipakai

Selanjutnya testing :
- proses lipat … tidak ada yg berubah.. masih tetap lancar sama seperti sebelum di modif.
 


- berat sepeda lumayan nambah , karena ada tambahan dynamo hub , belum lagi ditambah dengan


Specs:
  • Motor weight: 6 lbs.
  • Battery: Standard SLA 10-mile 24V 8Ah battery pack is 11lbs, Lithium 20-mile 24V 8.5Ah battery pack is 6 lbs
  • Motor type: Compact powerful 250W 24V planetary brushless BLDC PWM
  • Charge time: 2.5 hours Standard, 6 hours Lithium
  • Kit cruising speed: 15mph


- B2W…. jalan lançar, tanjakan lançar, dan yang penting jarak tempuh ke tempat kerja 24km berasa berkurang setengahnya , keringat??? dikit banget, jadi ga mandi lg di kantor pun kaya nya gpp he he he  …
- B2H  … full gowes sekalian cari keringat ..




Berikut ini perubahan kecil yang harus dilakukan  :
1. Ruji / jari2 harus diganti dengan yang lebih pendek, beberapa lubang pada hub dynamo akan tidak terpakai karena perbedaan jumlah (hub dynamo 32 lubang, sementara rim 24 lubang

2. lebar Fork dirubah dari 7cm menjadi 10cm


3. Setelah dilebarkan, bentuk fork harus lebih menyerupai huruf "U" dari pada huruf "V", dimana kaki kaki fork harus "agak" sejajar.
4. dudukan hub harus di perlebar (bisa dikikir) supaya hub dynamo bisa masuk.
5. Ring pengunci harus di perlebar (bisa dikikir) supaya hub dynamo bisa masuk.
6. Ring pengunci roda ke body harus di perlebar (bisa dikikir) supaya hub dynamo bisa masuk.



Atau kalau mau cara gampang.... Bawa ke bengkel sepeda... beres... he he he

No comments:

Post a Comment